Beranda Computers Yeay! PC Windows 10 Bakal Didukung Prosesor ARM

Yeay! PC Windows 10 Bakal Didukung Prosesor ARM

BERBAGI

Microsoft udah mulai gerak cepet nih guys, setelah sadar kalo pasar arsitektur ARM udah makin tumbuh gede dan sekarang bisa dibilang ARM udah dominasi pasar mobile. Nah karena hal itu, Microsoft udah getol nih nge-develop supaya Windows 10 buat mobile PC itu bisa kompetibel. Ditambah juga, Microsoft ngegandeng para vendor pembuat chip prosesor ARM, salah satunya Qualcomm.

Dalam pengumumannya Qualcomm nyampein kalo udah ngelakuin kerjasama sama Microsoft untuk ngebuat prosesor ARM yang bisa ngejalanin program Win32. Nggak tanggung-tanggung, Qualcomm juga bakal jadi vendor prosesor pertama yang nanti produk prosesornya bakal tersedia buat PC Windows 10.

Anyway, ternyata ini bukan yang pertama kali Microsoft ngedukung prosesor ARM lhoo, taun 2012 Microsoft pernah nyoba dukungan ARM di Windows RT tapi gagal total gara-gara aplikasi yang ngedukung dan minat developer buat aplikasi terlalu sedikit.

Pihak Qualcomm mastiin kalo PC Windows 10 nantinya dilengkapin sama prosesor Snapdragon yang bisa ngedukung arsitektur x86 Win32 juta dan ngedukung banyak aplikasi universal kayak Photoshop, aplikasi Office dan games. Menurut informasi yang Mamang dapet, PC Windows 10 dengan prosesor Snapdragon ini bakalan nongol awal taun 2017 nanti.

Selain itu, Microsoft juga udah uji coba Windows 10 dengan pake prosesor Snapdragon 820. Hasilnya smooth abis brooh. Berikut video Youtube-nya:

Pasti bakalan keren nih, karena dari segi konsumsi daya arsitektur ARM sekarang lebih irit power dibanding prosesor dengan arsitektur x86. Semoga harganya nggak mahal yaa.