Beranda Apps WhatsApp Aplikasi Paling Haram Di Dunia? Kenapa?

WhatsApp Aplikasi Paling Haram Di Dunia? Kenapa?

BERBAGI

Yang namanya developer, pasti bikin sebuah aplikasi tuh dengan sebuah tujuan, mau tujuannya yang baik-baik atau tujuan yang jahat-jahat. Nah, buat sekelas aplikasi WhatsApp dan Facebook, mamang sih yakin kalo developer-nya ngebuat dengan tujuan yang baik-baik.

Tapi ternyata, dua aplikasi yang mamang sebutin di atas tadi, dinobatin jadi aplikasi yang paling haram yang ada di dunia lho. Loh kok?

Jadi, menurut data yang dikeluarin sama Freedom House, dua aplikasi tadi itu tuh aplikasi yang paling banyak diblok sama negara-negara di dunia. Dari hasil laporannya, WhatsApp jadi aplikasi terbanyak yang diblok di dunia dengan total 12 negara, Facebook sendiri total diblok sama 8 negara.

Dari laporan itu juga, dua aplikasi ini kebanyakan diblok sama negara-negara yang lagi ada konflik. Aplikasi WhatsApp dianggep punya andil buat ngumpulin massa dan ada juga yang ngeblokir buat ngelindungin perusahaan telekomunikasi lokalnya.

Udah gitu, aplikasi WhatsApp sendiri sekarang udah end-to-end encrypted alias udah ngga bisa disadap sama siapapun, bahkan pihak WhatsApp sekalipun. Jadi aplikasi messenger ini udah pasti ngga disukain sama pemerintah negara yang lagi konflik.

Liat aja tuh Brasil, negri Samba itu baru aja ngeblokir WhatsApp gara-gara perusahaan messenger itu engga mau bantuin negara itu buat nyeledikin kartel narkoba. WhatsApp ngaku mereka ngga bisa ngebuka chat para pelaku dengan alesan privasi. Nah, makanya akhirnya WhatsApp diblokir deh sama banyak negara.