Beranda Smartphone Mau Beli iPhone Bekas? Wait, Baca Ini Dulu Boss

Mau Beli iPhone Bekas? Wait, Baca Ini Dulu Boss

BERBAGI

Yow yow yow! Sekarang Mamang mau bantu kasih tips buat kalian yang mau beli iPhone second. Ini penting ya guys supaya ngga keciwa di kemudian hari. Check this out yoooow!

A. HARGA MASUK AKAL

Wajar banget kalo iPhone yang masih dalam masa garansi biasanya sih harganya lebih mahal dibanding yang garansinya udah abis. Terus pastiin kalo harganya tuh masuk akal. Maksudnya kalo harganya murah banget bisa jadi itu barang curian/boleh nemubarang KW. Google dulu yah guys jangan buru-buru berspekulasi murah or mahal.

B. NOMOR IMEI COCOK

Pas kita ketemu sama yang jual, jangan lupa buat ngecek IMEI. Gunanya cek IMEI tuh biar kita bisa tau garansi hape masih ada atau udah abis, tempat dibuat, juga bisa ngedeteksi hape ini asli atau palsu. Cara ceknya kita tinggal ke Setting > General > About. Terus buka https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do and masukin IMEI-nya. Inget ya, liat IMEI-nya yang di menu Setting, jangan yang di box. Soalnya yang di box tuh gampang keleus dipalsuin.

C. PERNAH DI BONGKAR?

Kalo udah pernah dibongkar berarti masa garansinya udah PASTI ga berlaku. Yang artinya seharusnya harganya jadi lebih murah. Untuk ngeceknya coba liat di bagian-bagian tertentu (misal sela-sela, mur, dsb) apakah ada lecet dan bekas obeng muter?

D. CEK SLOT SIM CARD

Bawa SIM card yang masih aktif. Gunanya buat ngetes slot SIM card, kalo emang iPhone-nya FU alias factory unlocked seharusnya semua operator bisa dipake. Kalo ga bisa berarti iPhone-nya locked, and kalo kayak gini berarti harus dibawa ke operator asalnya buat nge-unlock hapenya.

E. BURU-BURU CEK BEBERAPA POINT INI:

Sbelum akhirnya bungkus, please cek ini dolo ya guys:

1. Masukkin SIM card yang dibawa tadi and telpon seseorang tapi harus sample ngomong ya. Ini berguna untuk ngecek konektifitas dan jaringan. Tapi dalam momen ngecek konektifitas jangan telepon gebetan yah takutnya entar kelamaan. Ato malah kalo bisa suruh orang itu telpon balik biar pengecekan lebih irit.

2. Tap icon aplikasi di homescreen and coba geser2. Pastiin kalo icon-nya pindah dengan normal and alus. Ini buat ngetes digitizer di layar touchscreen iPhone.

3. Test camera fuction-nya dong. Coba selfie tapi jangan pake kamera 360, pake kamera biasa aja dulu. Kalo hasilnya jelek, belum tentu salah kameranya.

4. Teken tombol Home buat nutup aplikasi, teken dua kali untuk nampilin multitasking bar selama beberapa kali. Pokoke pastiin tombol Home-nya masih berfungsi normal, enak dipencet and ga keras. Kadang kalo apes ada yang udah dol.

5. Colokin headset-nya ke iPhone dan coba setel lagu dangdut lokal. Pastiin kalo suaranya masih jernih. Kalo sempet, coba telpon orang and dengerin suara masih enak atau ngga. Kalo ngga enak, mungkin yang ditelefon lagi kena hutang.

6. Cek iPhone-nya udah pernah berenang di air apa belom. Cara ngeceknya bisa liat disini https://support.apple.com/en-us/HT204104.

7. Masih seputar mencet-mencet enak, coba pencet2 volume yang ada disamping, rasain masih enak dipencet dan masih fungsi ngga?

8. Kalo sempet sekalian bawa laptop jadi kita bisa nyoba nyolokin iPhone pake kabel data. Gunanya buat meriksa kabel konektor, port, dan firmware sync-nya masih normal apa ngga.

9. Cek Wi-Fi and Bluetooth. Caranya buka Setting > Wi-Fi/Bluetooth. Coba deh internetan buka www.manggadget.com. Kalo kebuka dan tampilan Mang Gadget-nya bagus, bungkus! Beli aja cash langsung.

Itu aja tips dari Mamang, kalo misalkan ada cara-cara lain yang berguna juga boleh dishare di kolom comment dibawah yak.