Beranda Computers Review Prosesor AMD Ryzen 3, Kemampuan Dewa Harga Anak Kampus

Review Prosesor AMD Ryzen 3, Kemampuan Dewa Harga Anak Kampus

BERBAGI

Setelah sebelumnya sempet Review Ryzen 7 1800X yang cetar gila buat kelas gamer kelas atas, kali ini mamang mau ngulas adeknya nih bro Ryzen 3 1200 dan 1300 yang nggak kalah kece kemampuannya. Buat kamu yang masih belum sanggup beli varian Ryzen 7 dan Ryzen 5, mungkin kamu bisa lirik dua varian Ryzen 3 yang mamang review kali ini, kebetulan mamang dikasih kesempatan review dua-duanya 1200 dan 1300 yang baru aja mendarat di kantor Mang Gadget.

Buat review dua prosesor ini mamang pake desktop dengan spek sebagai berikut:

  1. Motherboard X370 XPOWER GAMING TITANIUM MS-7A31
  2. RAM 16GB DDR4 G.SKILL DDR4 2132Mhz
  3. GPU MSI Radeon RX 480
  4. Casing Bitfenix Aurora Black
  5. SSD Team 256GB

Nah kurang lebihnya speknya kayak gitu. Prosesor ini resmi dikenalin akhir bulan Juli 2017 yang lalu dan nggak pake lama, di bulan itu juga AMD mulai gerilya ngejual resmi buat pasar di Indonesia. Socket yang dipake Ryzen 3 ini juga masih sama kayak saudaranya yang lain yakni AM4, pas banget buat kamu para gamer newbie yang udah investasi di motherboard kece bisa mulai beli yang sesuai sama kantong kamu dulu.

Dua Ryzen 3 ini emang punya TDP yang lebih tinggi dari merk tetangga di kelasnya, tapi buat kecepatan memory duo Ryzen ini udah ngedukung nilai kecepatan memory yang lebih tinggi lho, hasil data resminya sampe 2667 Mhz Dual Channel untuk DDR4. Base clock yang ditawarin AMD emang nggak terlalu jauh antara 1200 (3,1GHz) dan 1300X (3,4GHz).

Gap performa single thread yang mamang dapet dari CPU-Z buat Ryzen 3 1200 nggak terlalu jauh sama Ryzen 7 1700X malah untuk yang Ryzen 3 1300X nilainya lebih tinggi, artinya buat prosesor ini hampir sama saktinya kalo lagi jalanin task atau perintah. Di bagian temperatur prosesor ini juga ramah banget sama suhu panas, kalo dulu AMD digosipin terkenal panas kamu bisa cek sendiri di suhu temperatur-nya konstan di angka 40 derajat pas mamang mainin game Tekken.

Hasil pengujian grafik dengan Ryzen 1300X juga hasilnya lumayan guys, sayang mamang cuma punya monitor 1080P dengan 60fps, hmm… lain kali AMD mesti kirimin mamang layar 4K + Desktop biar bisa maksimal review dari GPU + prosesornya.  Buat urusan gaming, karena desktop yang mamang test udah pake MSI Radeon RX 480, hasilnya lancar jaya tanpa beban.

Dalam kesempatan review singkat di beberapa teman mamang yang udah lebih dulu punya prosesor ini juga bilang kalo Ryzen 3 itu worth banget buat dibeli, apalagi buat yang lagi milih kelas prosesor sejenis. Alesannya sih karena udah Quad Core dan skor multithread juga lebih oke dan hasilnya buat kamu yang doyan multi tasking bakal dibantu banget.

Dibanding Core i3 7100, duo Ryzen ini juga lebih unggul dari segi jumla core dan level cache prosesor yang lebih besar dengan harga yang jauh lebih murah. Buat kelas anak kampus atau gamer yang baru mau ngerakit PC dengan budget minim duo prosesor ini udah resmi dijual di Indonesia dengan harga nggak bikin kantong jebol, Ryzen 3 1200 Rp.1,49 juta dan Ryzen 3 1300X Rp1,79 juta. Mulai dari spek, performa sampe harga semua juwarak. Ngapain beli yang mahal kalo ada yang murah? #eh