Beranda Computers Review Mamang! ASUS X550IU, Notebook Gaming Pertama Yang Pake AMD Polaris

Review Mamang! ASUS X550IU, Notebook Gaming Pertama Yang Pake AMD Polaris

BERBAGI

Tren gamer dari desktop PC ke mobile pc/notebook tiap tahunnya terus naik nih guys, ASUS sebagain produsen laptop dan AMD sebagai produsen GPU dan prosesor nggak ketinggalan ngelakuin invoasi di segmen produk ini. Salah satunya notebook yang ASUS X550IU yang jadi target review FRONTAL mamang kali ini, yudisimak.

ASUS X550IU ini sebenernya udah lama dirilis di Indonesia, sekitar bulan Januari 2017 yang lalu, tapi sayangnya mamang baru sempet review sekarang karena emang baru dapet unitnya *serius*. Dibanding Notebook ASUS dengan prosesor AMD yang lain, ini jadi notebook pertama yang pake teknologi arsitektur AMD Polaris, iyes ASUS jadi yang pertama.

Desain & Bodi

Notebook ini punya desain kinclong buat bagian luarnya, kalo kamu liat review mamang di notebook sebelumnya. Kebanyakan bagian luarnya itu gampang cemong dan lumayan ribet di lap kalo dipegang apalagi bekas makan gorengan, nah buat yang ini karena lebih glossy dan kinclong kamu tinggal siapin lap.

Desain garis-garis merah dibagian keyboar dan touchbar ini bikin kamu inget sama lini notebook ASUS ROG, keyboardnya juga keliatan kompak banget warnanya, sayangnya nggak ada backlit. Untuk bodinya  pake material plastik yang umumnya dipake sama kayak yang dipake notebook pada umumnya.

Layar

ASUS X550IU punya ukuran layar 15,6 inci dengan resolusi sesuai harapan mamang yakni Full HD (akhirnya dapet juga yang 1080) dan  udah anti glare jadi nggak bakalan ada cahaya mantul dari layar, jadi lumayan pas buat kamu yang keganggu bayangan mantan di layar #eh.

Spek Jeroan

Bagian prosesornya udah pake 7th Gen AMD APU FX-9830P Bristol Bridge yang bisa di boost sampe 3,7 GHz, wait what? iya beneran bro dengan TDP 35W, prosesor ini jauh lebih kenceng dari kakak angkatnya seri FX-9800P,  mamang nggak boong jauuuuuuhhh. Bagian kartu grafisnya nih yang bikin notebook ini jadi spesial, pake AMD RX 460 4GB, kartu grafis PC yang ditanem di laptop  dengan arsitektur Polaris.

Bagian memory juga udah pake spek kekinian bros, dengan ukuran RAM 8GB DDR4 di kecepatan 2133MHz, udah bisa bayangin kan prosesor yang dipake, GPU dan kecepatan memory yang dipake? game-game berat lancar jaya. Anyway memory notebook ini bisa diupgrade sampe 16GB dual channel, jadi kalo kamu ngerasa udah mulai padet kerjaan tapi mau nyambi main game, kamu bisa langsung upgrade RAM-nya.

Urusan penyimpanan juga lumayan lega, ASUS udah ngasih 1TB hardisk 5400rpm, yaah nggak jauh beda dari kebanyakan notebook gaming kekinian yang emang butuhin storage gede, karena kamu pasti taulah game-game berat butuhin storage lebih dari 15GB untuk satu game.

Gaming?

Kamu pasti nunggu bagian ini yekan? sayangnya mamang nggak banyak mainin game karena keterbatasan waktu buat install dan download, mamang disini cuman mainin game Dota 2 dengan settingan maksimal, hasilnya? lancar jaya bros nggak ada masalah sama sekali. Sebenernya kemampuan kartu grafis Prosesor FX-9830 dan AMD RX 460 ini cocok banget buat mainin game berat kayak DOOM, Overwatch, The WItcher 3, dan game yang lain dengan frame rate diata 40fps. Tapi ya itu karena mamang nggak ada waktu, jadi cuman sempet install Dota 2 aja (fanboy Dota 2).

Port dan Lain-lain

Buat colokan standarlah bros, disebelah kiri ada dua biji port USB 3.0, HDMI, VGA, LAN, dan slot power dan sebelah kanan ada USB 2.0, DVD terus port kensington lock.

Kurangnya apa Mang?

Menurut mamang kurangnya itu ada dua, pertama di suara kipas yang agak sedikit berisik pas mamang mainin Dota 2 nonstop 2 jam, mungkin ini efek kinerja GPU RX 460, tau sendirilah GPU versi PC dipasang di notebook di kipas yang kecil, yaa hasilnya pasti berisik. Tapiiiii buat performanya nggak ngecewain, semua game dilalap ehhh dilahap lancar jaya.  Terus yang kedua di sistem operasi, karena harga notebook ini nggak bundling sama OS, cuma ada DOS doang.

Harga awal notebook ini Rp9,5 jutaan, tapi harganya udah turun sekitar Rp8,8 jutaan. Menurut mamang harga ini udah murah karena udah dilengkapin GPU dedicated RX 460, tapi sayangnya non-OS bros jadi kamu kudu beli lisensi Windows 10 sekitar Rp2,3 jutaan.

Tapi walopun nggak dapet OS, ASUS ngasih garansi 2 Tahun lhoo guys buat notebook ini, mayan banget kalo selama pemakaian tersebut notebook kamu dapet masalah. Nah jadi gimana nih bungkus nih buat lebaran?