Beranda Computers REVIEW! AMD Ryzen 7 1800X, Prosesor Sakti Harga Manusiawi

REVIEW! AMD Ryzen 7 1800X, Prosesor Sakti Harga Manusiawi

BERBAGI

Akhirnya mamang punya kesempatan nih review salah satu flagship prosesor AMD yang ketjeh badai nih bros. Nggak tanggung-tanggu Ryzen 7 yang mamang review ini seri 1800x a.k.a yang tertinggi di kelasnya. Perlengkapan PC yang mamang pake buat ngetes Ryzen, berikut kurang lebihnya:

AMD Ryzen 7 1800X

Motherboard Gigabyte AORUS AX370-Gaming 5

Casing Cooler Master MasterCase Maker 5 

Cooler Master MasterCase Maker 5 

RAM Patriot Viper 4 Series 16GB (2×8) 3400MHz

WaterCooling MasterLiquid Lite 120

GPU AMD RX 480

Ryzen 7 1800x punya clocked speed 3,6GHz dan bisa di boost sampai tingkat 4GHz dengan TDP yang lumayan ringan 95watt. Dipasaran versi Ryzen 7 ini  bersaing ketat dengan prosesor Intel Core i7-6900K, dari spek yang mamang jembrengin kamu bisa liat, TDP yang dibutuhin Ryzen 7 ini mayan kan broh kalo dibanding Intel? hasil ini bisa jadi pertimbangan kamu buat milih pendingin yang tepat, karena secara hukum alam TDP yang minim panas yang dihasilin juga minim.

Walopun dari beberapa spek Ryzen 7 1800x ini masih kalah jumlah soal dukungan sis Input/output dukungan buat beberapa jeroan pc tambahan, kayak PCIe, USB dan lain-lain, tapi standar yang dipake itu sama masih standar kekinian. Dari kecepatan yang di boost, Ryzen 7 juga tetep menang dan bisa di dongkrak sampe 4,1GHz, hmm… jadi mikir nih mamang mau beli prosesor Intel.

Dari beberapa para ahli IT review banyak yang bilang kalo Ryzen 1800X ini lebih smooth juga buat gaming, karena bisa ngasih frame-rate yang leibh tinggi dibanding Intel Core i7-6900K. Nah mamang langsung penasaran, beberapa game yang ada di paket PC review lansung mamang mainin dengan serttingan rata kanan pake monitor Samsung SyncMaster 226bw di resolusi maksimalnya.

Di game Rise of the Tomb Raider jalannya mulus banget tanpa ada sedikitpun lag (yaiyalah), semua settingan udah mamang geser ke rata kanan. Karena monitor mamang cuma ngedukung refresh rate 60hz jadi maksimal frame rate yang didapet dengan resolusi full cuma 60fps doang, tapi sebetulnya bisa jauh lebih dari itu bahkan sampe resolusi 4K dengan fps yang masih alus banget guys.

Berikut buat referensi hasil tes fps lewat Cinebench R15 antara Ryzen 5 dan Ryzen 7:

Nggak cuma Rise of the Tomb Raider aja guys, game the Witcher 3 dan Dota juga sempet mamang mainin dan hasilnya warbiyasah smooth banget, sayangnya cuma monitor yang mamang punya kurang kece jadi belum bisa liat maksimal kemampuan Ryzen 7 dengan tambahan GPU RX 480. Buat kamu yang mau ngerakit PC, keluarga Ryzen ini udah ngedukung socket AM4/AM3+ dan APU FM2+ yang dipake buat seri AMD FX.

Ryzen sendiri sebenernya udah ngerilis varian baru Ryzen Threadripper dengan spek 16-core 32-thread dengan pengumuman generasi GPU Radeon RX Vega di acara Computex 2017 yang lalu di Taiwan.

So beli nggak nih? nah buat kamu yang mau ngerakit PC lebaran nanti, mamang saranin kamu beli prosesor Ryzen guys, karena fakta benchmark dari banyak ahli IT bilang kalo seri Ryzen ini emang lebih powerfull dan murah meriah dibanding prosesor Intel. Ryzen 1800X di pasaran dijual sekitar Rp6,6-6,8 jutaan tergatung kebijakan toko PC masing-masing, murah kan? dibanding kamu mesti beli Intel Core i7-6900K yang sekarang harganya dua kali lipat lebih dari Ryzen 7 1800K, mayankan bisa saving buat lebaran?