Beranda Apps DARURAT!! Pengguna iPhone dan Mac di Indonesia Mendadak Kekunci Sendiri, Dimintain Uang...

DARURAT!! Pengguna iPhone dan Mac di Indonesia Mendadak Kekunci Sendiri, Dimintain Uang Tebusan Segala

BERBAGI

Tiba-tiba, banyak gadget Apple kejbak di Lost Mode, entah itu iPhone, iPad, Mac, sampe Macbook. Dari Kamis (10/08/2017), keluhan yang mirip-mirip bertubi-tubi dateng dari pengguna Apple di Indonesia.

“Malam ini sudah 5 orang yg ngontak karena ‘terjebak lost mode’,” tweet dari Chief Editor MakeMac.com Bagus Hernawan di akun Twitter @bhaguz_403 Kamis malem.

Nah sebenernya Lost Mode itu fitur resmi dari Apple buat pengguna yang ngerasa gadget-nya ilang. Dengan fitur ini, gadget bakalan di lock, atau gak bisa dipake sama sekali. Yaa niatnya sih biar gadget-nya gak diakses sama orang-orang gak bertanggung jawab.

Fitur ini sendiri bisa diaktifin lewat 2 cara, pertama lewat aplikasi Find My iPhone, kedua lewat icloud.com. Anehnya, pengguna Apple di Indonesia ngeluhin gadget-nya tiba-tiba masuk ke Lost Mode secara otomatis padahal gak lagi ngaktifin fitur keamanan ini.

Walaupun ada yang ngaktifin, password-nya juga udah beda dari password yang biasa dipake. Makannya itu, kuat dugaan kalo dibalik kejadian ini ada hacker yang bermaksud minta uang tebusan.

Apalagi hal ini diperkuat sama keterangan dari korban kasus ini, Erika yang ngeluhin di Facebook punya doi. Menurut pengakuan doi, gak lama abis iPad-nya masuk lost contact, hacker ninggalin pesen di layar kunci.

“Mereka meminta saya untuk mengirimkan e-mail ke alamat yang mencurigakan,” tulis Erika. Dari beberapa yang ngirimin e-mail, mereka pun dapet balesan kayak gini:

Sebenernya beberapa kasus iPhone sama iPad, korban masih bisa matiin Lost Mode itu lewat icloud.com. Tapi buat pengguna Mac, udah parah banget, soalnya si hacker udah masang kode PIN (EFI) duluan. Buat kamu para Apple fanboy, mudah-mudahan gak ikut-ikutan kena deh yaa.