Beranda Smartphone Gini Cara Ampuh Buat Benerin Hape yang Kecemplung Air

Gini Cara Ampuh Buat Benerin Hape yang Kecemplung Air

BERBAGI

Pernah ngalamin hape rusak gara-gara hape kamu ‘main-main’ air? Kalo pernah, pasti kamu ngga langsung pake cara yang mamang mau kasih tau nih pas hape kamu abis kerendem air.

Nah, di artikel mamang kali ini, mamang mau kasih tips buat kamu yang hapenya baru aja nyemplung di air dan ngga punya sertifikasi IP68 yang anti air dan anti debu. Langsung disimak aja yaaaa!

Pertama-tama, setelah hape kamu kecemplung di air, kamu kudu buru-buru matiin hape kamu. Walaupun hape kamu tetep nyala pas abis kecemplung, mending jangan langsung dipake. Buat ngindarin kerusakan permanen gara-gara sirkuit pendek, mending kamu langsung matiin dan lanjut ke langkah berikutnya.

Kedua, buruan kamu keringin arean luar smartphone yang kena air, macem bodi dan layarnya. Kamu cukup lap-lap hape kamu pake kain kering ataupun tisu supaya ngga ada cairan yang masuk lewat celah-celah smartphone. Ada baiknya juga kamu kocok-kocok hape kamu biar air yang ada di dalem bisa keluar lewat celah-celah macem speaker ataupun port-port yang ada di hape kamu.

Ketiga, pas bagian luar hape kamu udah kering dan ngga ada lagi air yang keluar lewat celah-celah hape kamu, keringin bagian dalem hapenya. Tapi, kalo hape kamu adalah hape unibodi alias ngga gampang dibuka, kamu cukup ngeringin bagian dalem dengan elemen penyerap kelembaban, misalnya beras.

Sebenernya sih beras itu bukan penyerap kelembaban yang paling mujarab, gel silikonlah yang paling direkomendasiin buat ngeringin bagian dalem hape kamu. Tapi karna beras yang paling gampang didapetin, bolehlah pake beras buat nyerep air di dalem hape.

Gel silikon sendiri sebenernya biasa kamu temuin di kotak hape yang dibungkus pake kertas. Bentuknya bulet-bulet kecil dan macem gel gitu. Mungkin kamu juga bisa nemuin gel silikon di dalem box sepatu pas kamu baru beli sepatu baru.

Seenggaknya kamu kudu ngerendem hape kamu di dalem beras ataupun gel silikon selama 24 jam biar hape kamu bisa berjalan normal lagi. Atau, kalo kamu mau dapetin hasil yang lebih maksimal, bersabarlah dan rendem sampe 48 jam.

Tapi, kalo kamu cukup profesional, kamu juga bisa pake alat khusus pengering smartphone macem DryBox dan Redux buat ngeringin daleman hape. Alat-alat ini diklaim bisa dengan mudah ngeringin hape kamu, bahkan kalo hape kamu sempet berendem di dalem bir, kuah sop, sampe lumpur sekalipun.

Beda urusan kalo hape kamu kelelep di genangan air laut dan soda ya guys. Soalnya, dua cairan yang mamang sebutin tadi tuh lumayan ‘jahat’ buat barang-barang elektronik. Soalnya, dua cairan tadi bisa dengan cepet ngebuat korosi alias karatan di benda-benda elektronik, termasuk smartphone.

Naaaah, kalo kamu emang orang yang ceroboh, mending mamang saranin beli hape yang ada sertifikasi IP68-nya deh guys. Dari pada nanti terjadi hal-hal yang ngga diinginkan kan? Jadi, bener kata slogan ‘lebih baik mencegah dari pada mengobati’.