Beranda Computers FRONTAL! Review Laptop ASUS X555QG, Prosesor Dan RAM Kece Badai

FRONTAL! Review Laptop ASUS X555QG, Prosesor Dan RAM Kece Badai

BERBAGI

Mamang balik lagi nih buat nge-review salah satu gadget yang baru aja masuk di Indonesia. Kalo kemaren laptop seri Lenovo udah diulas luar dalem kali ini mamang dikasih kesempatan buat review laptop ASUS X555QG, laptop yang harganya dibawah Rp9 jutaan, yang kamu yang lagi nyari laptop dikisaran harga segitu wajib baca review ini sampe abis.

Laptop ini sebenernya udah lama masuk Indonesia dengan banyak jenisnya (sama kayak laptop ASUS yang lain), yang mamang review ini yang pake yang lumayan, bisa diajak multitasking dan mainin game kelas menengah.

Desain dan Bodi

Sama kayak laptop dikelasnya, bodi ASUS X555QG dibalut sama material plastik dengan warna dan silver buat bagian keyboard dan sekitarnya. Laptop ini punya keyboard yang lumayan empuk 11-12 lah sama Macbook taun 2009 yang mamang pake, ditambah TouchPad-nya lebih luas dan udah ngedukung smart gesture kayak Macbook.

Dari sisi ketebalan dan berat, notebook ini lumayan gede dan tebel sih tapi sesuai sama ukuran layar 15,6 inci.

Spek Jeroan

Ini Bagian paling penting selain masalah harga, ASUS X555QG ini pake prosesor AMD generasi ke 7 APU A12-9700P Quad-cores dengan kecepatan yang bisa dimaksimalin sampe 3,4GHz. Sama kayak seri APU AMD yang lain, buat yang ini juga udah dilengkapin sama kartu grafis dual Radeon R8 M435DX, jadi buat mainin game kelas menengah nggak ada masalah.

Seperti biasa mamang selalu ngelakuin testing pake game Dota 2 dengan settingan middle alias pertengahan, pas mamang jalanin game ini nggak ada masalah sama sekali, cuma kipas dari laptop ini agak sedikit kenceng (maklum kualitas grafisnya mamang naiki). Sayangnya mamang nggak keburu ngetes kualitas grafisnya di game-game berat, tapi dari speknya sih mamang rasa masih nyanggup dengan settingan yang sama.

Kamu juga nggak perlu takut keabisan memory dan nge-lag karena kapasitas RAM-nya udah 8GB versi DDR4, dari informasih aplikasi CPU-Z yang tertulis memory yang terpasang ini single channel, mamang belum tau apa bisa ditambah atau memang sudah maksimal, tapi kayanya sih bisa.

Prosesor AMD yang dipake laptop ASUS ini juga udah ngedukung standar kompresi 4K HEVC, jadi buat kamu yang punya TV atau monitor dengan resolusi 4K bisa nyetel video dengan resolusi tersebut. Kamu juga bisa pilih untuk extend monitor pake slot HDMI dan VGA, ditambah kapasitas hardisk-nya juga udah luas bro 1000GB/1TB.

Ada Colokan dan Tambahan Apaan aja?

Buat bagian samping kiri laptop ini udah tersedia 2x USB 3.0, HDMI, VGA, Ethernet, Power dan juga nyediain port Kengsington lock supaya nggak gampang kemalingan.

Bagian samping kanan sama kayak laptop jaman sekarang, ada satu slot USB 2.0, slot SD Card, Audio jack 3.5mm dan buat yang doyan mindahin data atau nonton film juga ada DVD Multi.

ASUS X555QG ini juga udah pake speaker dari Sonic Master, dari hasil tes lumayanlah buat dengerin lagu, Bluetooth 4.0, dan  batere Lithium Polymer yang lebih tahan lama. Aplikasi Splendid juga ada supaya mata kita nggak gampang sakit dan ditambah fitur Ice Cool supaya laptop kamu nggak gampang panas.

Kurangnya dimana?

Sampai sekarang mamang review laptop, masih soal resolusinya yang belum Full HD, bayangin aja kalo diajak nonton film dengan resolusi Full HD masa iya harus beli monitor extend lagi? Selain itu laptop ini nggak bundling sama OS, jadi pas kamu beli baru kudu beli lisensi OS lagi atau bisa pake sistem operasi gratis kayak Linux dll.

Harganya mang?

Harga awal laptop ini diriis di Indonesia Rp.7,9 Jutaan, tapi sekarang udah turun diangka sekitar Rp7 – 7,5 jutaan aja. Nggak kayak vendor laptop yang lain, ASUS ngasih garansi 2 tahun buat laptop ini, jadi kalo ada apa-apa selama 2 tahun kamu pake laptop ini kamu bisa klaim langsung, murah banget kan kalo diliat garansinya?