Beranda Computers FRONTAL! ASUS Zenbook Flip UX360C, Laptop Hybrid Premium Yang GREGET!

FRONTAL! ASUS Zenbook Flip UX360C, Laptop Hybrid Premium Yang GREGET!

BERBAGI

Taun ini taunnya Asus banget nih guys. Baru aja kemaren brand asal Taiwan ini ngeluarin sederet laptop mulai dari yang speknya boring sampe laptop kelas premium, eh… sekarang udah muncul lagi laptop seri consumer yang bikin naksir.
Yuk kenalan sama Asus Zenbook Flip UX360C.

Sesuai namanya, layar Zenbook Flip UX360C ini bisa di puter 360 ĚŠ alias di flip ke bagian bawah bodinya dan menjelma menjadi tablet. Dari sini aja udah keren banget kan? Makin keren lagi karena ini adalah seri Zenbook, yaitu seri laptop Asus yang menurut Mamang desainnya selalu paling kekinian di kelasnya. Mang Gadget lagi-lagi beruntung bisa icip-icip laptop ini jauh sebelum laptop ini dirilis dan berikut adalah review frontal tentang Asus Zenbook Flip UX360C. Yudisimak!

BOX DAN KONTEN?

Beda sama packaging laptop Asus seri commerce elite, jujur packaging UX360C keliatan biasa banget. Proteksi dalem boxnya ngga cukup empuk sih untuk ukuran nyimpen laptop sekeren ini. Udah gitu kompartemen untuk support accessory-nya juga kurang rapih, oglek-oglekan. Tapi semua kekurangannya ini bakalan terobati begitu kamu ngeliat si keren Zenbook Flip UX360C rebahan manis di box-nya.

Selain dapet laptop dan power adapter, di dalem box-nya juga ada adapter LAN dan HDMI. Maklum, karena laptop ini super tipis, jadinya beberapa port harus rela ngilang dan diganti asesoris terpisah. Seenggaknya ini nguntungin penggunanya banget, beda sama brand yang itutu, port seadanya dan pengguna terpaksa kudu beli asesoris tambahan yang harganya ratusan ribu.

PANDANGAN PERTAMA?

Apa yang kamu liat dari laptop diatas? Yoi… semua pasti sama-sama setuju kalo desain dan warnanya eksklusif banget. Jarang-jarang nih Mamang muji penampilan laptop, tapi emang 2 laptop terakhir Asus yang Mamang review tuh desainnya keren banget. Tau sendiri kan sekarang laptop-laptop di pasaran tuh mirip-mirip desainnya,apalagi kalo ke Harco/Ambassador, semuanya kaya seibu sebapak.

Tampil solid, tipis, nge-gold, tektur metal, dan nimbulin wangi khas barang baru begitu keluar dari box-nya, bikin aura laptop ini berasa kaya laptop premium 20 jutaan. Desain laptop ini original dan jauh dari ngejiplak bentukan dari merk-merk lain. Beda sama Mi Notebook dan Zenbook 3 yang ketara banget nyontek Apple
secara lahir dan batin. Pastinya, kalo kamu nenteng laptop ini sih ngga malu-maluinkalo sebelahan sama yang pake MacBook.

BODY & DESIGN?

Kenapa kerasa banget solid pas dipegang? jawabannya karena Zenbook Flip UX360C pake aluminium di sekujur bodinya. Kokoh sih emang kokoh, tapi kalo ditaro di meja dan kita kasih tekanan di area keyboard-nya, agak mblesek ke bawah gitu deh… seakan ada ruang hampa ngga keisi gitu (satir). Intinya, jangan sampe
ngga sengaja nopang lengan apalagi nopang barbel di atas keyboard laptop ini,takutnya benyek.

Talking about how heavy it is,, laptop berukuran 13,3 inci ini ngga bakal nambah beban hidupmu yang udah berat itu kok, wong beratnya aja cuma 1,3Kg. Walopun masih kalah ringan sama MacBook Air yang cuma sekilo pas, tapi nenteng laptop inidi tas tuh bener-bener ngga berasa bawa apa-apa lho. Kalopun ada yang kerasa berat, jangan-jangan ada kucing kampung nyelonong ke tasmu tuh…

Untuk ukuran ultrabook, sayangnya Asus Zenbook Flip UX360C masih ‘agak’ ketebelan. Tapi yang paling penting tuh pas dipake kerja sambil mobile, laptop ini ngga nyusahin dan ngga ringkih di tangan. Oiya lupa, hati-hati aja nenteng laptop ini,agak licyin cyin….

LAYAR?

Ngomongin layar, karena laptop ini tuh tablet jadi-jadian, pastinya udah touchscreenready. Touchscreen-nya terbilang responsif. Selain tajem karena udah Full HD,layarnya terbilang kontras dan color reading-nya ngga meleset. Tapi, karena layar IPS LED dan glossy, otomatis deh rawan pantulan. Ada anti-glare sih, tapi kaya ngga maksimal gitu ngeredam refleksi cahaya dari sana sini.

Ow, kali-kali kamu tipe orang yang matanya cepet capek, seperti biasa, Asus nyelipin fitur Splendid Display untuk adjust warna layar ke ambience. Berkat fitur ini, mata kita bisa on berjam-jam tanpa ngerasain pegel.

KEYBOARD

Bagian ini nih yang paling bikin laptop ini nyala auranya. Karena keyboard-nya ngikutin warna bodinya, otomatis Zenbook yang bodinya gold, keyboard-nya juga gold. Jadi terkesan full-metal gitu deh sekujur tubuhnya. Area keyboard-nya keliatan lux juga karena ngga banyak button-button alternatif.

Yang bikin tambah manis, trackpad yang performanya super responsif ini pun tampil clean. Poin ini mungkin ngga penting untuk sebagian orang, tapi untuk Mamang yang gatel kalo liat desain pasaran, penting!

Tuts keyboard-nya tergolong empuk tapi ngga empuk. Lho?! Maksudnya…. empuk tapi tetep ada sensasi klik yang ngepas, cocok banget buat yang doyan ngetik dengan kecepatan 15 tuts/detik.

PORTS


Beres main ditengah, sekarang kita menepi ke pinggiran. Di sisi kiri laptop ada 1 USB 3.0, SD Card reader, indikator batere, indikator power, volume button, dan power button. Ada hal yang dijamin bikin orang perfeksionis gatel, kenapa deh indikator power sama power button kudu dipisahin sama volume button?

Anyway, kalo kamu ngerasa familiar sama desain sisi laptop ini, wajar… Soalnya emang desain sisinya persis kaya desain sisi tablet Apple. Maklum… namanya juga siluman tablet.


Di sisi kanan, ada audio jack 3,5mm, mini HDMI port, USB Type-C, USB 3.0 dan Power port untuk nge-charge. Bingung kenapa banyak port yang ngga ada? Seperti Mamang udah bilang di atas, ini kan ultrabook, jadi beberapa port terpaksa ilang dan diganti sama adapter external (yang udah tersedia di box-nya). So, jangan keburu nyureng dulu ya…

SPEK & PERFORMANCE?

Asus-Zenbook-Flip-UX360C-tablet

Bukan cuma tampangnya yang eksklusif, tapi speknya juga kekinian. Mulai dari prosesor Intel generasi terbaru Core M3 Skylake (yang dipake sama New MacBook juga) include dengan Windows 10, RAM 8GB DDR3, SSD 512GB SATA III, udah mejeng di laptop ini. Kallo kalian paham spek mestinya tau banget ya kalo kinerja laptop ini udah pasti lancar kaya jalan tol Jakarta-Bekasi di pagi hari.

Apalagi didukung memory internal SSD, pastinya kecepatan read dan write-nya ngibrit banget, up to 400MB/s. Dicoba buat pindah-pindahin beberapa film haram berkualitas 1080p sekaligus (haram soalnya ngebajak) dari laptop ke harddisk external, cepet-cepet aja tuh.

Eh eh tapi… Mamang ngerasa ada yang kentang deh. Udah menuju 2017 gini kenapa deh slot SSD-nya bukan PCI-E aja? dan kenapa RAM-nya ngga DDR4 aja?. Padahal rival ultrabook sekelasnya udah pada naik kelas lho.

Dipake main game… hmm… ngga rekomen sih. Terutama untuk game-game berat macam GTA V, Assassin’s Creed Black Flag, dsb, hadeuh…. bukan tempatnya. Kalo sekedar dipake untuk nge-dota aja sih laptop ini masih kuat lha ya… Walopun paling rata tengah aja setting grafisnya. Kalo kamu kepo sama spek detailnya, nih simak:

– Processor: Intel Core m3-6Y30 0.9GHz
– OS: Windows 10
– RAM: 8GB LPDDR3 SDRAM 1866MHz
– Storage: 512GB SSD SATA III
– Display Size: 13.3″ – 1920 x 1080 Full HD
– Graphics Card: Intel HD 515
– Battery Life: 7hrs 38min
– Weight: 2.86 lbs/1,3Kg
– Dimensions: 12.71 x 8.66 x 0.54 inches
– WiFi: 802.11ac

FLIP! TABLET MODE

Henshin! Tuh… Bukan cuma Kamen Rider aja yang bisa berubah, laptop hybrid ini
bisa menjelma jadi tablet yang ngedukung aktifitas kreatif kita brosis. Cocok banget
untuk kamu yang kerja di industri kreatif, misalnya desainer grafis, ilustrator, arsitek dan…. desainer begal (nyopet karya orang di google, modif-modif, ngaku karya sendiri).

Pas lagi jadi tablet, kamu ngga perlu khawatir bagian bawah alias area keyboard-nya
bakalan luka karena ditaro di meja. Soalnya, di area keyboard-nya ada safety rubber
dock untuk jadi kaki alas di meja. Walopun gitu, tetep kudu ati-ati juga sih kitanya,
salah naro, bisa cedera tuh area keyboard-nya. Apalagi kalo ditaro diatas kasur paku.

BATERENYA?

Kalo kata pihak Asus, Zenbook Flip UX360C bisa melek sampe 7 jam. Hmm…
Mamang kan orangnya suudzon-an dan nggga gampang percaya yah, makanya
Mamang buktiin sendiri. Tebak apa hasilnya? ASUS BOHONG! Mana… katanya 7
jam, ternyata pas dicoba dengan pemakaian standar, bisa sampe 9 jam!

KESIMPULAN?


Overall, Mamang sih suka ya. Bukan promo atau ngiklan lho ya ini, tapi sejauh Asus
mamerin laptop ke Mamang, ini yang paling greget secara lahir dan batin. Bukan
karena speknya sih, tapi lebih ke portability dan penampilannya yang premium
banget. Secara fungsi juga ngga jelek kok, ngepas lah buat kebutuhan hari gini.
Ditenteng juga bikin ganteng dan dipake bikin betah. Bawaannya pengen ngerjain
apa gitu pake laptop ini, walopun lagi ngga ada kerjaan.

Kamu minat? Well… laptop ini udah bisa kamu icip-icip dan bungkus di semua gerai Asus se-Indonesia. Harganya ngga murah, tapi juga ngga yang lebay berpuluhpuluh juta kok… dengan kualitas premium kaya gini, kamu bisa bawa pulang laptop kece dengan bayar Rp 14.299.000 ajah. Di kelas laptop 14 jutaan, so far ini sih yang paling layak bungkus… yang lebih bagus jarang, apalagi yang udah hybrid gini, yang lebih mahal banyak!