Beranda Internet Blokiran Telegram Belum Dicabut, Sajennya Kurang Lengkap?

Blokiran Telegram Belum Dicabut, Sajennya Kurang Lengkap?

BERBAGI

Keseriusan pemerintah buat ngebuka akses Telegram yang diblokir hari ini dipertanyakan guys, udah lebih dari seminggu pas pertemuan Menkominfo Rudiantara dengan CEO Telegram Pavel Durov ternyata hambar gitu aja. Recana pemerintah seminggu ini yang buat buka blokir beberapa subdomain ternyata belum juga kesampean, ada apa ini?

Sampe tulisan ini mamang posting dan mamang cek akses di web.telegram.org dan beberapa domain turunan yang kena blokir sama kominfo belum juga dibuka, padahal pertemuan antara Chief RA dan Pavel Durov udah dapet titik temu. Kalo ngomongin kemungkinan, bisa jadi Telegram belum menuhin beberapa syarat poin yang diminta Kominfo tentang pengaturan konten negatif.

Tapi selain itu belum dibukanya akses aplikasi web telegram bisa jadi karena platform baru yang dirilis pemerintah bareng Google yang dikasih nama “Trusted Flagger”. Fungsi platform tersebut nantinya bakal nanganin konten-konten negatif, jadi menurut mamang ada semacam aturan dan standarisasi baru buat nentuin suatu konten negatif atau nggak.

Platform ini sendiri rencananya baru jalan sekitar bulan Oktober 2017 nanti, jadi kalo sampe dibulan tersebut Telegram lolos dugaan mamang soal sangkut paut regulasi dengan platform ini udah terjawab. Kita tunggu aja guys kabar baiknya dari Kominfo, tapi semoga aja nggak sampe bulan Oktober nanti yaah.