Beranda Tech Ini Dia 20 Fakta Tentang Microsoft Yang Belum Tentu Kamu Tahu Part...

Ini Dia 20 Fakta Tentang Microsoft Yang Belum Tentu Kamu Tahu Part 1

BERBAGI

Sejak tahun 1975 sampe sekarang, Microsoft dikenal sebagai perusahaan software yang paling berpengaruh di dunia. Proyek paling terkenal sepanjang sejarah itu sistem operasi Windows-nya yang sekarang dipake sama hampir semua orang di dunia.

By the way, ngomongin soal Microsoft, ternyata ada beberapa fakta menarik yang mungkin kamu belum tau soal perusahaan ini. Nah, karna mamang orangnya baik hati dan dermawan, di artikel mamang kali ini, mamang mau bagiin 20 fakta tentang Microsoft. Mamang kasih 10 dulu ya, 10-nya lagi bersambung di part 2 (macem sinetron Mermaid).

1. Microsoft Didiriin di New Mexico

Ternyata eh ternyata perusahaa ini nggak berdiri pertama kali ngga di Redmon, Washington kayak kantor pusatnya sekarang lhoo guys. Pertama kali didiriin perusahaan ini markasnya ada di New Mexico. Bill Gates dan Paul Allen nemuin perusahaan ini di daerah Albuquerque, wilayah New Mexico dan berkantor di daerah tersebut. Baru pada tahun 1986 perusahaan ini pindah ke wilayah Redmond, Washington, Amerika serikat.

 

2. MS-DOS Bukan Sistem Operasi Pertama Buatan Microsoft

Penting nih buat kamu yang ngaggep kalo DOS itu OS pertama buatan Microsoft. Ternyata sebelumnya udah ada sistem operasi yang pertama yang kasih nama XENIX. Tampilan Xenix ini sendiri mirip DOS, dan ternyata XENIX ini salah satu versi dari sistem operasi UNIX. Hmm… yaah ujungnya dari UNIX juga 😀

 

3. Nama Microsoft sebelumnya itu Micro-Soft

Nah ini pasti kamu belum tau nih. Pertama awal didiriin taun 1975 yang lalu, ternyata nama perusahaan Microsoft itu dulunya pake tanda hubung antara kata Micro dan Soft, yang artinya Microcomputer dan software. Tanda hubung tersebut dihapus setahun setelah Microsoft berdiri.

 

4. Bill Gates Pernah Modus

Yaaa namanya juga anak muda, nakal-nakal dikit mah wajarlah yaaaa. Dan ini juga berlaku buat Bill Gates ABG. Waktu duduk dikelas SMA, Bill Gates pernah diminta buat program penjadwalan siswa di sekolahnya. Nah dari kesempatan itu Bill Gates ngelakuin rekayasa penjadwalan supaya doi bisa masuk kelas yang banyak cewek-cewek cakep. Modus abis ini mah.

 

5. Virus Pertama di Windows Namanya Winver 1.4

Ternyata awal-awal Microsoft berdiri dan buat program sekitar taun 80an, virus belum banyak dibuat. Hampir 15 tahun lebih Microsoft berdiri, virus pertama baru ditemuin dan dikasih nama WinVer 1.4

6. Microsoft Office Dirilis Lebih Dulu Buat Macintosh, Baru Windows

Ngeliat Apple sukses di tahun 80an ternyata nggak disia-sia sama Microsoft walaupun saat itu jadi kompetitornya. Buktinya,setahun sebelum dirilis di Windows, Microsoft lebih milih jualan software Office buat Mac ketimbang buat Windows.

 

7. Microsoft Cinta Mati Sama Permen Coklat M&M

Udah kayak tradisi perusahaan, hampir setiap ada acara selebrasi sampe acara kecil-kecilan yang dibuat Microsoft pasti selalu ada merk cokelat M&M. Nggak cuma itu, kalo kamu jadi karyawan Microsoft dan lagi ulang tahun, kamu wajib beli cokelat ini lho guys! Hmmmmm,,, ada hubungan apa ya antara perusahaan cokelat ini sama Microsoft? #kepo

 

8. Microsoft Udah Punya Tablet PC Jauh Sebelum Apple

Kalo Apple ngerilis tablet pertama mereka tahun 2010, Microsoft ternyata udah jauh lebih dulu ngerilis tablet pertama-nya di tahun 2001. Tablet ini udah dilengkapin sistem operasi Windows XP dan dilengkapin sama stylus dan keyboard lho!

 

9. Miliaran Pengguna Software Microsoft Office

Dari hasil survey, ternyta lebih dari 1,2 miliar orang di dunia ini pake software Microsoft Office lho guys! Bisa dibilang dari 7 orang yang ada di dunia, 1 orangnya pake software ini.

Sampe sekarang pun rekor ini masih belum bisa dipecahin sama perusahaan teknologi manapun dan kayaknya sih emang susah buat dipecahin. Jaman sekarang gini sih Microsoft Office emang udah kayak kebutuhan primer buat orang-orang. Ya kan?

 

10. Microsoft Bantu Apple dari bangrut Tahun 1997

Setelah Steve Jobs diberhentiin sebagai CEO Apple taun 1990, nasib Apple kayak gak jelas gitu deh. Hidup segan, mati tak mau. Kacaunya, perusahaan Apple malah sempet kalah tenar sama perusahaan Next yang dibangun Steve Jobs yang akhirnya diakuisisi sama Apple dan Steve Jobs balik lagi ke Apple.

Nah setelah Steve Jobs balik lagi ke Apple, pada taun 1997 Apple ngalamin krisis keuangan. Disitu kesempatan Microsoft masuk nyuntik investasi supaya Apple nggak ngalamin bangkrut. Bill Gates sebagai CEO Microsoft juga sempet janji sama Steve Jobs kalo perusahaan bakal investasi $150 juta buat Apple supaya Apple tetep eksis, dan hasilnya sekarang bisa diliat.

Bakal dilanjutin ke part 2, stay tuned terus di MangGadget.